Ketepatan Penggunaan Preposisi dalam Kalimat pada Teks Narasi oleh Siswa Kelas X-B SMAN 1 Wonosari
Keywords:
preposisi, teks narasi, ketepatan penggunaan, pembelajaran berdiferensiasi, kurikulum merdekaAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis ketepatan penggunaan preposisi dalam kalimat pada teks narasi yang ditulis oleh siswa kelas X-B SMAN 1 Wonosari, Kecamatan Paguyaman, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo. Sebanyak 32 siswa terlibat dalam proses pembelajaran bahasa Inggris yang difokuskan pada penulisan teks naratif. Dari jumlah tersebut, hanya 17 siswa yang menyerahkan tugas menulis, baik secara langsung maupun melalui media daring seperti WhatsApp. Seluruh karya siswa kemudian dianalisis dari aspek struktur kalimat, fokus pada penggunaan preposisi, serta orisinalitas tulisan. Hasil menunjukkan bahwa 6 karya terindikasi sebagai hasil plagiarisme, baik dari internet maupun salinan dari teman. Dengan demikian, hanya 11 karya yang dapat dijadikan representasi kemampuan asli siswa dalam menulis teks naratif. Dari 11 karya tersebut, 8 siswa berhasil memperoleh kategori nilai A, yang mencerminkan pemahaman dan penggunaan preposisi secara tepat dan kontekstual. Sementara itu, masing-masing satu siswa memperoleh nilai B, C, dan D. Temuan ini mengindikasikan bahwa sebagian besar siswa telah memiliki kemampuan memadai dalam menggunakan preposisi dalam struktur kalimat naratif. Keberhasilan ini tidak terlepas dari peran guru dalam menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi yang selaras dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Pendekatan ini memungkinkan guru memberikan ruang bagi perbedaan minat, bakat, dan gaya belajar siswa, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan bermakna.