Bimbingan Teknis Pengenalan Anak Berkebutuhan Khusus dan Strategi Pembelajaran Inklusif di Sekolah Reguler
Keywords:
Inklusif, Anak Berkebutuhan Khusus, Strategi PembelajaranAbstract
Pendidikan inklusif bertujuan memberikan akses dan kesempatan belajar yang setara bagi semua anak, termasuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Namun, banyak guru sekolah dasar belum memiliki pemahaman yang memadai mengenai ABK dan strategi pembelajaran yang sesuai. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui bimbingan teknis (bimtek) yang bertujuan meningkatkan literasi guru terhadap ABK dan penerapan pendekatan inklusif dalam pembelajaran. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari di SD Negeri 7 Batudaa, Kabupaten Gorontalo, dengan melibatkan kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan orang tua. Metode pelaksanaan meliputi ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, simulasi lapangan, dan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) inklusif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru memiliki antusiasme tinggi, meskipun sebagian besar belum memiliki latar belakang pendidikan khusus. Selama kegiatan, terjadi peningkatan pemahaman mengenai deteksi dini ABK dan modifikasi pembelajaran yang sesuai. Kegiatan ini membuktikan bahwa bimtek dengan pendekatan partisipatif dan berbasis pengalaman nyata dapat meningkatkan kesiapan guru dalam mengelola kelas inklusif. Diperlukan pelatihan lanjutan dan dukungan sistemik agar pendidikan inklusif dapat terimplementasi secara berkelanjutan di sekolah dasar.