Pendidikan Kesehatan Seksual Positif Pada Anak Usia PraSekolah Di TK Az-zahra Kota Gorontalo

Authors

  • Nirwanto K. Rahim Universitas Negeri Gorontalo
  • Clara Alvioni Puteri I Mohamad Universitas Negeri Makassar
  • Syahrul Rahman Universitas Negeri Gorontalo
  • Sri Mauliddina Adolo Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

Pendidikan kekerasan seksual, Anak pra sekolah, Reproduksi

Abstract

Pendidikan seks merupakan bagian terpenting dalam pendidikan anak usia dini. Pendidikan seksual adalah upaya pengajaran, penyadaran, dan penerangan tentang masalah-masalah seksual yang diberikan pada anak berupa pengetahuan tentang fungsi organ reproduksi dengan menanamkan moral, etika, komitmen, agama agar tidak terjadi "penyalahgunaan" organ reproduksi dan menutup segala kemungkinan terjadinya masalah ke arah penyimpangan- penyimpangan seksual. Metode edukasi yang penulis lakukan melibatkan ceramah, tanya jawab, leaflet, bernyanyi, dan bermain peran. Evaluasi dilakukan melalui penggunaan banner dan stiker silang pada 29 anak-anak prasekolah di Sekolah Taman Kanak-kanak Az-Zahra, Kota Gorontalo. Kegiatan ini, didukung oleh guru dan rekan kerja, dilaksanakan pada 31 Oktober 2023. Hasil pengabdian mencakup peningkatan pemahaman peserta terkait pencegahan kekerasan seksual, seperti tindakan saat bertemu orang tak dikenal dan penghindaran terhadap situasi berpotensi risiko. Peserta juga diajarkan untuk berteriak "tolong" dalam menghadapi potensi pelecehan seksual, serta menyadari batasan kontak fisik yang wajar. Penulis berharap bahwa hasil penyuluhan ini akan menjadi dasar pembentukan perilaku bebas kekerasan seksual, menciptakan generasi yang sehat dan berpotensi cerah di masa depan.

Downloads

Published

2024-05-20

How to Cite

Rahim, N. K., Mohamad, C. A. P. I., Rahman, S., & Adolo, S. M. (2024). Pendidikan Kesehatan Seksual Positif Pada Anak Usia PraSekolah Di TK Az-zahra Kota Gorontalo. SERAMBI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 17–25. Retrieved from https://serambi.transbahasa.co.id/index.php/se/article/view/4