Peningkatan Hasil Pembelajaran Recount Text dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Macromedia Flash pada Siswa Sekolah di Kawasan Teluk Tomini

Authors

  • Hanisah Hanafi Universitas Negeri Gorontalo
  • Novriyanto Napu
  • Arini Dali Universitas Negeri Gorontalo
  • Delviana Iloponu Universitas Negeri Gorontalo
  • Priskila Bernabas Universitas Negeri Gorontalo
  • Siti R. Paramata Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

Macromedia Flash, Tindakan kelas, Recount text

Abstract

Recount Text merupakan jenis teks yang diajarkan dalam kurikulum mata pelajaran bahasa Inggris untuk menuntut siswa untuk memahami struktur dan tata bahasa tertentu. Pada kegiatan ini dilakukan Pengabdian Tindakan Kelas (PTK) untuk peningkatan hasil pembelajaran Recount Text di MTs. Nurul Bahri melalui penggunaan media Macromedia Flash agar dapat memotivasi siswa serta mencapai hasil sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Metode Pada studi Tindakan Kelas (PTK) digunakan dengan melibatkan 16 siswa kelas VII yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. PTK dilakukan dengan empat tahapan, yaitu planning, action, observation dan reflection. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa terhadap struktur teks recount setelah menggunakan Macromedia Flash. Rata-rata nilai siswa mencapai 80%, melampaui kriteria keberhasilan yang ditetapkan sebesar 75%, dan 80% siswa memberikan respon positif terhadap media pembelajaran ini. Penggunaan Macromedia Flash terbukti efektif dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, siswa menjadi lebih aktif dan berpartisipasi serta membuat para siswa lebih mudah memahami Recount Text.

Downloads

Published

2024-11-08

How to Cite

Hanafi, H., Napu, N., Dali, A., Iloponu, D., Bernabas, P., & Paramata, S. R. (2024). Peningkatan Hasil Pembelajaran Recount Text dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Macromedia Flash pada Siswa Sekolah di Kawasan Teluk Tomini. SERAMBI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 79–90. Retrieved from https://serambi.transbahasa.co.id/index.php/se/article/view/13