Peningkatan Hasil Pembelajaran Descriptive Text Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Picture To Picture Pada Siswa Sekolah di Teluk Tomini

Authors

  • Novriyanto Napu
  • Hanisah Hanafi Universitas Negeri Gorontalo
  • Suleman Bouti Universitas Negeri Gorontalo
  • Intan S. Abubakar Universitas Negeri Gorontalo
  • Putri Amelia Helidu Universitas Negeri Gorontalo
  • Muhamad Hardiyanto Kiyai Mardjo Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

Picture to Picture, Descriptive Text, Metode Pembelajaran

Abstract

Siswa kelas VII sering kali menghadapi kesulitan dalam mengikuti pembelajaran menulis, terutama dalam menyusun teks deskriptif, yang berdampak pada kemampuan menulis mereka. Banyak siswa yang kesulitan dalam mengungkapkan ide-ide mereka dengan cara yang efektif saat menulis teks deskriptif. Oleh karena itu, tujuan dari program pengabdian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi Descriptive Text melalui penerapan metode Picture to Picture, yang dilaksanakan di MTS Nurul Bahri pada semester ganjil tahun ajaran 2024-2025. Pendekatan yang digunakan mengkombinasikan metode kualitatif dan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi serta tes, di mana 16 siswa kelas VII terlibat sebagai subjek dalam kegiatan ini.. Kegiatan dilaksanakan dalam empat siklus, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Setelah data dikumpulkan, analisis dilakukan untuk mengetahui seberapa efektif metode Picture to Picture dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk menulis teks deskriptif dengan membandingkan hasil tes dan observasi dari kondisi awal dan siklus pertama. Hasil pengabdian menunjukan bahwa pada pelaksanaan siklus pertama dari 18 siswa rata rata belum memahami materi descriptive text dengan respon terkait pertanyaan, sedangkan pelaksanaan siklus kedua telah mencapai criteria keberhasilan dan sudah memenuhi KKM dengan kategori yang baik.

Downloads

Published

2024-11-08

How to Cite

Napu, N., Hanafi, H., Bouti, S., Abubakar, I. S., Helidu, P. A., & Mardjo, M. H. K. (2024). Peningkatan Hasil Pembelajaran Descriptive Text Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Picture To Picture Pada Siswa Sekolah di Teluk Tomini. SERAMBI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 67–78. Retrieved from https://serambi.transbahasa.co.id/index.php/se/article/view/12